09 September 2009

Pelajaran Dari Sebuah Biola


http://images-3.redbubble.net/img/art/border:blackwithdetail/product:laminated-print/size:small/view:preview/1792787-2-red-violin.jpg

Aku lagi senang-senangnya belajar biola. Penasaran mainin jari-jari sampai ketemu 'feeling' nada yang pas. 'Boro-boro' mau ngepasin 'soul'nya hahaha ... nadanya aja masih meraba-raba. Semua serba baru buatku. Aku buta not, nggak punya dasar musik sama sekali. Nggak semudah kelihatannya lho! Bukan asal pencet dan gesek-gesek. Bisa merusak gendang telinga ntar.

Ujung-ujung jari mulai sakit, kata yang udah latihan lebih lama, lama-lama melepuh, menebal 'kapalan'. Jadi ingat waktu pertama kali belajar jinjit di ujung jari kaki pakai 'point shoes' (sepatu khusus di ballet) ... kasusnya sama tuh. Jari-jari kaki melepuh semua, mati rasa pas baru buka sepatunya. Tapi setelah kapalan, udah tahan banting deh. Mau buat loncat, buat muter, buat lari ... 'wuoke' aja. Belum lagi yang namanya bahu dan lengan kiri, wah kram semua, karena nggak terbiasa dengan posisi yang baru. Sampai harus ditambahkan bantalan khusus di bawah biola, supaya bagian atas tulang selangka nggak sakit.

Tiap kali mau main, dawainya harus di-stel, disesuaikan sama nada yang benar. Kalau terlalu kencang nadanya makin tinggi, senarnya bisa putus. Gitu juga sebaliknya kalau kekendoran, nadanya makin rendah, nggak enak banget didengar, nggak bisa digesek juga. Jadi semuanya harus serba pas, baru keluar lagu yang merdu.

Pelajaran yang kudapat dari biolaku ...
1. Tidak ada sesuatu yang mudah dicapai tanpa diperjuangkan terlebih dahulu. Semua ada prosesnya, butuh semangat, ketekunan, keteguhan hati, dan waktu. Nggak ada ceritanya 'sim salabim', langsung bisa.
2. Seperti dawai biola, nyetelnya harus pas. Kalau terlalu kencang bisa putus, kalau terlalu kendor juga nggak bisa dimainkan ... 'jalan tengah', dalam hidup ini nggak boleh terlalu ekstrim di satu sisi. Semua harus seimbang. Baru kehidupan ini dapat berjalan secara harmonis, seperti nada-nada indah yang keluar dari biola.

Waktunya melanjutkan latihan, semoga tetangga sebelah nggak ngamuk dan panggil 'security' buat gedor kamarku hahaha ... Tunggu tanggal mainnya ya, ntar kalau sudah pintar, aku mainin lagu indah untuk kalian. Bisa buat ngamen nih di lobby RS hahaha ...

Batam, 4 September 2009, 18.11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar