04 Oktober 2009

Renungan Tahun ke-34


"Bikin acara apa hari ini? Kapan nih pestanya? Kapan makan-makannya?"

Pertanyaan itu berulang kali ditanyakan padaku dari kemarin. Sebenarnya apa sih keistimewaan hari ulang tahun? Bukannya tiap detik, tiap menit, tiap jam, tiap bulan, kita juga bertambah umur? Matahari tetap terbit di Timur, tenggelam di Barat. Sehari tetap 24 jam, nggak akan nambah atau kurang. Kita tetap harus bangun, melakukan aktivitas yang sama. Terus kenapa mesti dibikin acara khusus? Menurutku dari pada pesta pora yang nggak jelas, lebih baik kita ambil waktu sejenak buat merenung. Look insight ourself.

Aku bersyukur, sampai hari ini masih bisa tetap bernafas, hidup sehat tanpa cacat. Punya orang tua dan keluarga yang baik dan sayang padaku. Teman-teman yang penuh perhatian. Karir yang lumayan, hidup berkecukupan, meski tidak berlebih. Masih bisa makan kenyang tiga kali sehari, tidur nyenyak. Tidak diliputi ketakutan. Itu semua hal-hal yang patut disyukuri, tidak semua orang memilikinya.

Tapi kenapa pula dari kemarin hatiku tak tenang? Di satu sisi senang, tapi di lain sisi juga bersedih. Banyak pertanyaan yang timbul dalam pikiran ini, "Kalau saja saat ini tiba-tiba aku lenyap dari muka bumi ini, adakah orang yang benar-benar merasa kehilangan? Apakah aku cukup berarti? Sudahkah bekal ini cukup bila saat itu datang? Apa yang sudah kuberikan pada orang tua, keluarga, teman, lingkunganku? Apa sebenarnya yang kuinginkan di dunia ini? " Ini membuat hatiku terasa miris, aku menangis diam-diam, aku merasa kecil, tak berarti. Ada lubang besar di hati ini, tanpa bisa kucegah.

Semoga di tahun mendatang ini, aku bisa berbuat lebih baik, bersikap lebih baik dan dewasa. Menabung karma baik lebih banyak. Semoga dengan karma baik yang sudah kutanam sebelumnya, aku berbahagia, orang tuaku berbahagia, keluarga dan teman-temanku berbahagia, semua makhluk hidup baik yang tampak maupun tak tampak juga berbahagia. Semoga kami dapat selalu mempertahankan kebahagiaan kami masing-masing ...

Batam, 4 Oktober 2009, 10.38

Tidak ada komentar:

Posting Komentar