22 Mei 2010

Pijat Itu Menyenangkan








Spa merupakan salah satu kegemaranku. Setelah capek bertugas jaga malam sebagai dokter di RS, sebulan 1-2 kali aku akan ke spa yang ada di tempat kerja. Paket yang biasa kuambil full body treatment, terdiri atas empat sesi selama kurang lebih tiga jam. Dimulai dengan sauna selama 15 menit, lanjut pijat (ini yang paling nikmat), diakhiri sesi scrub dan lulur. Ini salah satu paket yang ditawarkan di sana. Sesekali aku juga pergi sekeluarga.

Terapi pijat biasanya dimasukkan dalam berbagai perawatan kecantikan dan kebugaran (misalkan spa). Sangat bermanfaat untuk relaksasi tubuh dan jiwa, juga dapat menstimulasi daya tahan tubuh. Sudah dikenal dari zaman dulu. Ragam tekniknya antara lain : Akupresur, Ayurvedic massage, Bali pijat, Barefoot deep tissue (baca: injak-injak hahaha…), Bowen, Breema, Champissage, Deep tissue massage, Esalen, Hilot, Lomi-lomi, Meso-Amerika, Postural integrasi, Reflexiology, Russian, Shiatsu, Pijat batu panas, Swedia, Thai, Pijat tradisional Cina, Visceral manipulasi, dan masih banyak lagi. (1)

Manfaat terapi pijat pada berbagai usia :
1. Bayi : Meningkatkan jalinan komunikasi dan kedekatan dengan orang tua. Memberi rasa aman, relaksasi, menstimulasi tumbuh kembang.
2. Anak : Merelaksasi tubuh yang aktifitasnya cukup banyak.
3. Dewasa : Memberi efek relaksasi bagi tubuh, pikiran, dan jiwa. Menyembuhkan beberapa keluhan kesehatan ringan seperti pusing, insomnia, atau radang sendi.
4. Lansia : Meningkatkan sirkulasi darah, membantu mengontrol tekanan darah, merangsang otot yang lemah untuk bekerja optimal. (2)

Minyak pijat yang biasa digunakan antara lain minyak zaitun, almond, biji anggur, alpukat, wheatgerm, rosehip, evening primrose, cendana, dll. (3) Pemilihan minyak pijat didasarkan efek yang diinginkan, sebaiknya sedikit banyak kita juga harus mengerti. Aku paling suka pijat dengan minyak cendana, aromanya sangat menenangkan. Proses relaksasi jadi optimal, tidur pun jadi nyenyak.

Pemijatan tentu harus dilakukan oleh terapis yang terlatih. Tidak saja dalam hal teknik pemijatan itu sendiri, tetapi juga harus mengetahui benar anatomi tubuh manusia. Antara lain arah serat otot yang akan dipijat, letak jalannya jaras saraf, dll. Ini untuk menghindari salah pijat yang dapat berakibat fatal, cedera otot. Pijat tidak boleh dilakukan bila terdapat kelainan pembuluh darah, cedera otot yang baru, saat demam, keadaan-keadaan yang membuat tulang dan otot kita mudah cedera bila dimanipulasi (misal: kanker, cedera tulang belakang).

Buat tambahan ilmu saja nih, pada cedera otot yang baru terjadi (misalnya keseleo), pembengkakkan masih berlangsung, nyeri masih ada. Penanganannya dengan RICE (Rest, Ice, Compress, Elevation). Rest berarti bagian yang cedera harus diistirahatkan. Ice berarti kompres dingin dengan es. Compress maksudnya dilakukan kompresi, bisa dengan verban elastis, supaya tidak bertambah bengkak. Elevation berarti menaikkan bagian yang cedera, bisa dengan diganjal bantal, tidak boleh dalam keadaan menggantung untuk menghindari penumpukan cairan di tempat yang cedera yang akan menambah rasa nyeri. Tiga hari pertama tidak boleh dipijat atau dimanipulasi, boleh ditambahkan obat anti nyeri. Setelah itu baru diberikan kompres hangat dan pijatan. Tujuannya untuk meningkatkan peredaran darah ke daerah yang cedera dan mempercepat penyembuhan.

Dalam bidang kesehatan, terapi pijat sebenarnya sangat bermanfaat. Sayang banyak yang menjadikannya pijat plus-plus (baca : plus layanan sex). Hal seperti ini yang membuat pamornya jadi menurun, orang jadi sering berpikiran negatif. Padahal semua tergantung pilihan kita sendiri. Tidak semua terapis nakal. Banyak juga kok tempat pijat keluarga yang "bersih" dari praktek-praktek seperti itu.

Batam, 22 Mei 2010, 22.25

Daftar Pustaka :
(1) http://srizahra.blogdetik.com/category/jenis-dan-manfaat-massage-dan -spa/
(2) http://www.rileks.com/lifestyle/trendz/healthy-life/27570-manfaat-terapi-pijat-bagi-segala-jenis-umur.html
(3) http://www.meilan.info/women/massage-oil.htm

Sumber gambar : http://i6.photobucket.com/albums/y219/groovygaroo/adorable-smile-baby-sleeping.jpg

2 komentar:

  1. me, kok linknya jadi beda sama yang di YN?
    http://imelsworld.blogspot.com/2010/05/pijat-itu-menyenangkan.html (ga pake _7970)

    emang enak, makanya gue jadi tukang pijet di rumah
    trus sapa yang mijet gue?
    whoaaa... :((

    BalasHapus
  2. pijet ke tempat spa aja, sekali sebulan juga ngefek banget kok buat melepas stres fisik dan pikiran hehe ...

    BalasHapus